Ingin Si Kecil Tampil Dengan Baju Renang Bayi Yang Berkualitas ? Simak Rekomendasinya Disini

baju renang bayiOlahraga renang mungkin memang salah satu aktivitas yang banyak digemari, mulai dari kalangan orang tua, remaja, anak-anak bahkan saat ini sudah banyak orang tua yang memperkenalkan olahraga renang pada bayinya saat masih berusia dini. Untuk mengikuti aktivitas renang tersebut, tentunya si kecil perlu dipakaikan baju renang bayi yang khusus. Mengapa demikian ? Perlu anda ketahui bahwa, kulit bayi dan kulit pada anak yang sudah beranjak remaja bahkan dewasa itu berbeda. Kulit pada bayi cenderung lebih sensitive oleh berbagai hal.

Maka dari itu, penting bagi para orang tua memilihkan baju renang yang kualitasnya dikhusus kan untuk bayi. Untuk memilih baju renang tersebut, bukanlah hal yang mudah namun bukan hal yang sulit juga. Penulis akan mencoba memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan saat membeli baju renang untuk si kecil, lengkap dengan rekomendasi model baju renang yang cocok untuk si kecil. Kemudian, perlengkapan renang lainnya juga perlu disediakan, agar si kecil lebih aman dalam melakukan aktivitas renang.

Sebelum Mengajak Bayi Berenang, Perhatikan Beberapa Hal Ini !

Ketika anda sudah memutuskan untuk memperkenalkan olahraga bayi pada si kecil, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini. Anda sebagai orang tua harus mengetahui, ternyata ada hal-hal yang bisa membahayakan bayi apabila dipaksakan untuk melakukan aktivitas renang. Serta akan dijelaskan juga beberapa cara yang harus dilakukan orang tua, pada saat mengajak bayinya berenang. Simak semuanya dalam beberapa uraian dibawah ini

  1. Eksplore Kemampuan Bayi

Usia untuk bayi boleh diperkenalkan berenang yaitu umumnya berusia 4 sampai 18 bulan. Pada usia tersebut, bayi memang mempunyai kemampuan untuk mengeksplorasi air dan bisa merasakan nyaman berada di dalam air. Namun memang tidak semua bayi memiliki kemampuan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan baju renang bayi 4 bulan yang khusus pada saat mengenalkan anak ke aktivitas renang.

  1. Perkenalkan Gerakan-gerakan Dasar

Dalam masa perkenalan, anda bisa mencoba mulai melatih si kecil dengan mengarahkan untuk melakukan gerakan-gerakan dasar terlebih dahulu seperti gerakan menendang, menarik, mengapung, menyelam dengan bantuan aba-aba “1,2,3” agar si kecil mengerti kapan saatnya menyelam, serta gerakan untuk mengubah arah. Gerakan tersebut bisa anda ajarkan sendiri tanpa harus mengikuti kelas renang yang khusus untuk anak. Namun jika anda sebagai orang tua merasa takut dan ingin gabung di kelas renang bersama bayi lainnya, hal itu bisa dibilang lebih baik. Selain mendapat pantauan dan arahan dari yang sudah professional, sang anak juga akan merasa senang karena berenang bersama dengan bayi lainnya.

  1. Pantau Anak Secara Penuh

Nah hal terakhir yang harus diperhatikan yaitu memantau buah hati secara penuh, jangan sampai anda hilang fokus karena akan sangat membahayakan keselamatan sang anak. Ikuti arahan dari tentor jika anda mengikuti kelas renang, namun jika tidak anda harus menyiapkan peralatan renang bayi yang wajib dibawa dan digunakan seperti pelampung, baju renang bayi lucu yang mempunyai kualitas khusus untuk bayi, serta perlengkapan renang lainnya. Akan dibahas secara lengkap dalam beberapa uraian dibawah mengenai perlengkapan renang bayi.

Barang-barang Dibawah Ini Wajib Anda Bawa Saat Mengajak Bayi Berenang

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa aktivitas renang memang mempunyai banyak manfaat, bahkan untuk bayi sekalipun. Jika anda ingin mengajak bayi untuk pergi berenang, sebaiknya siapkan beberapa perlengkapan ini, karena memang sangat penting manfaatnya untuk si bayi. Apa saja perlengkapannya ? Yuk simak beberapa barang serta kegunaannya dibawah ini

  1. Baju Renang Anak Kecil

Yap! Barang pertama yang harus anda bawa sekaligus pakaikan kepada si kecil adalah baju renang. Pilihan baju renang untuk bayi umur 3 bulan sampai maksimak 18 bulan mungkin lebih banyak desain dan modelnya. Banyak dijual di berbagai store dan online shop dengan harga yang bervariasi, ada yang murah sampai yang mahal dan berkualitas. Namun penting bagi anda para orang tua, untuk tidak tergoda dengan harga yang murah, model dan desain yang lucu, karena semua itu akan terbuang percuma ketika si bayi tidak merasa nyaman menggunakannya. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari baju renang tersebut, dari mulai ukurannya, jangan terlalu sempit atau longgar. Gantilah baju renang tersebut dengan yang baru, sekiranya sudah tidak muat dengan bayi. Karena pertumbuhan badan pada bayi usia 3 bulan ke atas akan lebih cepat.

  1. Pelampung

Barang kedua yang wajib anda bawa ketika mengajak si kecil berenang adalah pelampung. Pelampung ini bisa sangat bermanfaat terutama untuk keselamatan bayi. Selain itu dengan menggunakan pelampung, gerak tubuh bayi bisa lebih leluasa jika dibandingkan dengan dipegangi oleh anda para orang tua. Untuk bayi usia 3-6 bulan, kenakan pelampung leher. Untuk Usia 6 bulan sampai 2 tahun gunakan pelampung dudukan. Dan untuk usia 2 tahun ke atas, bisa memakai pelampung tangan atau ban renang. Biasanya yang jual permainan berenang khusus untuk anak, menyediakan pelampung renang juga yang sesuai dengan usia si kecil.

  1. Popok Khusus Untuk Renang

Perlengkapan selanjutnya yang wajib dipakai oleh si bayi adalah popok. Bukan popok yan digunakan untuk keseharian melainkan popok anti air yang khusus untuk berenang. Popok ini didesain khusus dengan bahan yang tidak menggembung ketika bayi masuk kedalam kolam renang ataupun tidak akan membuat pipis atau pup bocor di dalam air. Popok ini akan tetap kering meski digunakan berenang. Pilih yang berkualitas, sehingga tidak mudah robek dan awet digunakan si kecil.

  1. Peralatan Mandi

Setelah puas bermain dikolam renang pastinya bayi harus segera dimandikan agar nantinya kaporit atau kuman lainnya yang ada di kolam renang tidak menempel di tubuh bayi secara terus menerus. Maka dari itu jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi bayi, dan segeralah mandikan bayi setelah selesai renang. Anda juga harus dan wajib membaluri tubuh bayi dengan minyak telon, agar si kecil merasa hangat dan tidak merasa kedinginan selepas puas berenang.

  1. Baju Ganti

Selain membawa baju renang untuk bayi, para orang tua juga pastinya wajib untuk membawa baju ganti untuk pakaikan setelah bayi selesai dimandikan. Bawalah baju yang agal tebal, lengkap dengan kaos kaki, bila perlu pakaikan celana dan baju yang berlengan panjang. Jangan lupa untuk membawa popok cadangan, untuk berjaga-jaga.

  1. Siapkan Makanan Bayi

Sama seperti orang dewasa, atau anak kecil lainnya, ketika seusai berenang, tubuh akan lebih merasa lapar. Hal ini dikarenakan, sudah banyak energy yang dikeluarkan pada saat berenang. Renang memang merupakan olahraga yang bisa membakar banyak kalori namun bisa dibilang olahraga yang menyenangkan. Maka dari itu, seusai berenang dan dimandikan, berikan makanan pada si bayi. Bisa berupa biskuit, pudding atau sup hangat yang bisa menghangatkan tubuh si bayi seusai berenang.

Tips Untuk Memilih Baju Renang Yang Khusus Untuk Bayi

Memilih baju renang bayi 3-6 bulan itu bukan merupakan  perkara yang mudah. Terkadang ada beberapa orang tua yang hanya memperhatikan desain serta model baju renang yang lucu agar si kecil tampil fashionable didepan umum. Namun ternyata hal itu adalah keputusan yang salah. Anda harus memperhatikan kenyamanan serta keamanan si kecil dalam memutuskan untuk membeli baju renang. Jangan kawatir, karena penulis akan memberikan tips dalam memilih baju renang yang tepat serta berkualitas untuk si kecil. Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

  1. Perhatikan Ukuran Model Baju Renang Baru

Tips yang pertama untuk mendapatkan baju renang bayi perempuan atau laki-laki yang bagus, nyaman dan aman untuk bayi adalah memperhatikan ukuran baju renang yang hendak dibeli. Tentunya sebelum membeli, anda harus memastikan bahwa baju renang tersebut sesuai dan pas dibadan si kecil. Jangan memilihkan baju renang yang ukurannya longgar, dengan tujuan supaya awet bisa dipakai sampai bayi usia sekian bulan, karena nantinya anak tidak akan leluasa bergerak didalam air hanya karena baju renangnya kedodoran atau kendor.

grosir baju bayiJangan pula memilihkan grosir baju bayi yang ketat, atau terlalu pres body sang anak. Karena nantinya akan membuat iritasi pada kulit sang anak, dan biasanya hal itu akan membuat sang anak rewel ketika diajak renang. Jadi untuk para bunda yang mempunyai anak perempuan, pilihkan setelan baju renang yang nyaman, pas dibadan. Untuk bayi laki-laki, pilihkan celana renang yang ukuran karet pada bagian pinggangnya tidak terlalu kencang, dan tidak terlalu ketat pada bagian selangkangannya.

  1. Pilih Bahan Baju Renang Yang Berkualitas

Tips kedua yang perlu diperhatikan pada saat memilih baju renang adalah, memperhatikan bahan baju renang bayi laki-laki dan perempuan. Pilih bahan baju renang yang aman, serta nyaman digunakan si bayi. Karena kulit bayi masih sensitive terhadap berbagai hal, maka pilihan bahan lycra dan spandek bisa menjadi pilihan bahan yang tepat untuk baju renang si kecil. Bahan lycra dan spandek cenderung lebih lembut di kulit, tahan terhadap air, ringan, serta elastis. Jadi bahan baju renang ini tidak akan membatasi gerakan si kecil pada saat berenang. Untuk mempermudah, anda bisa membandingkan bahan satu dengan lainnya yang berbeda. Nanti anda bisa langsung tau, mana bahan yang nyaman digunakan, maka yang cenderung kasar dan bisa membuat kulit si bayi menjadi iritasi. Biasanya baju renang dengan kualitas bahan yang bagus harganya cenderung lebih agak mahal dibandingkan dengan yang tidak.

  1. Pilih Yang Berkualitas

Setelah memilih bahan, sebaiknya anda juga pilih baju renang dengan kualitas yang bisa melindungi kulit si kecil dari paparan sinar uv yang bisa membakar kulit. Saat ini sudah banyak produsen yang menciptakan pakaian renang bayi dengan kualitas bahan yang tahan terhadap sinar uv, mengingat aktivitas atau olahraga renang pastinya tidak bisa lepas dari cahaya matahari. Penting bagi anda mempunyai pakaian berkualitas perlindungan sinar uv ini, apalagi jika sang bayi memang mempunyai riwayat kulit yang sensitive.

  1. Memperhatikan Desain Dan Model

Di tips urutan ke empat, barulah anda mulai memperhatikan desain dan model baju renang yang akan anda beli. Saat ini rasanya sudah banyak produsen yang menciptakan baju renang untuk anak dengan desain dan model yang lucu serta unik. Ada banyak sekali pilihan. Anda tinggal pilihkan model dan desain yang sesuai dan cocok digunakan si bayi. Karena pada usia 4 bulan si bayi belum bisa memilih, maka rekomendasi yang cocok untuk bayi perempuan, anda bisa pilihkan yang modelnya lucu seperti model baju renang putrid duyung, atau yang berpita, atau bisa juga yang lengan panjang dengan tujuan untuk mengindari ruam akibat tergores suatu benda pada saat renang.

Dan untuk bayi laki-laki, anda bisa pilihkan desain baju renang bayi polos atau bisa juga memilihkan model baju renang dengan karakter superhero seperti superman atau batman. Dan masih banyak lagi refensi model baju renang yang bagus, lucu serta unik untuk si bayi. Namun pastikan bahwa kualitas bahan dari baju renang tersebut memang benar-benar nyaman dan dapat melindungi kulit si bayi.

  1. Baju Renang Diapers

Nah, anda juga harus memperhatikan tips kelima ini. Karena si kecil memang harus dipakaikan popok kemanapun, termasuk pada saat renang, maka anda juga harus memilih baju renang yang mendukung untuk diapers. Di atas sudah dijelaskan untuk memilih popok yang khusus untuk bayi, jadi popok tersebut akan tetap kering dan tidak menggembung pada saat digunakan untuk berenang. Baju renang diapers untuk bayi ini juga akan memudahkan anda untuk memasang dan melepaskan popok pada saat akan dan seusai renang. Selain itu si kecil juga bisa berenang leluasa dengan tetap memakai popok tanpa si bunda harus takut bahwa tiba-tiba si kecil bisa pipis dan pup di kolam renang. Tak perlu kawatir karena sekarang model baju renang bayi yang ramah diapers sudah banyak model dan desainnya.

  1. Harga Baju Renang

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan adalah memilih baju renang bayi 1 tahun yang harganya tidak terlalu mahal namun berkualitas. Jika memang memungkinkan, anda beli baju renang pada saat sedang ada diskon. Disitu anda bisa memanfaatkan untuk mendapatkan baju renang dengan harga murah, namun dengan kualitas yang tinggi. Penting bagi anda para bunda, jangan mudah tergiur dengan harga baju renang yang murah. Karena akan terbuang percuma jika memang nantinya si kecil akan rewel atau bahkan terinfeksi baju renang yang harganya murah tersebut. Bisa jadi bahannya kasar, serta terlalu ketat, jadi bisa membuat iritasi di kulit bayi sampai inveksi. Jika memang sudah tidak muat, maka bisa beli lagi dengan ukuran yang lebih besar. Karena tubuh bayi pada saat usia 3 bulan keatas, pertumbuhannya sangat signifikan setiap bulannya.

Rekomendasi Pakaian Renang Bayi Baik Laki-laki Maupun Perempuan

Nah, setelah anda mengetahui berbagai tips untuk mendapatkan baju renang impian untuk si kecil, maka selanjutnya akan dibahas mengenai rekomendasi baju renang. Rekomendasi ini semoga bisa membantu anda dalam mencari merk baju renang yang terbaik untuk anda. Penulis juga akan memberikan informasinya lengkap, sampai harganya. Referensi memang banyak, namun dibawah ini ada beberapa model baju renang yang mungkin akan cocok dengan si kecil. Simak beberapa uraiannya dibawah.

  1. Baju Renang Bee

Rekomendasi baju renang yang pertama untuk anda adalah baju renang bee. Merupakan salah satu baju renang lucu yang akan membuat si kecil tampil lebih lucu. Dibuat dari bahan spandek yang tentunya akan membuat bayi nyaman menggunakan baju renang bayi ini pada saat renang. Hadir dengan menawarkan warna kuning yang dikombinasikan dengan warna hitam, mirip dengan warna lebah. Didesain seperti mirip lebah kecil yang lucu lengkap dengan adanya aksen sayap dibagian belakang yang bisa dilepas pasang sehingga menjadikan si kecil yang memakai tampak imut. Dibuat model 1 setel langsungan dengan sleting dibagian belakang. Anda bisa temukan salah satu model baju renang seperti ini di store tempat jual baju bayi, pastinya baju renang yang satu ini disediakan. Atau anda bisa juga membelinya di beberapa online shop. Dijual dengan kisaran harga yang masih terjangkau Rp100.000,-jual baju bayi

  1. Baju Renang Karakter Superhero

Rekomendasi yang kedua adalah baju renang dengan karakter superhero, dan pastinya baju renang yang satu ini hanya cocok diperuntukkan untuk bayi laki-laki. Desain baju renang yang satu ini bervariasi, ada yang modelnya seperti baju batman, superman, dan superhero lainnya. Dibuat dari bahan spandek yang adem jika dipakai untuk bayi. didesain dengan model tidak terlalu ketat dan longgar. Tentunya tampilan si kecil bisa makin fashionable jika menggunakan baju renang dengan karakter superhero ini. Bisa anda temukan di beberapa online shop dengan kisaran harga Rp90.000,- sampai Rp100.000,-

  1. Baju Renang Anak Opelon

Selain baju renang karakter, kali ini baju renang anak opelon bisa menjadi rekomendasi yang tepat khususnya untuk bayi laki-laki anda. Hadir dengan warna yang beragam dari mulai warna hitam, biru dan abu-abu. Didesain dengan model celana pendek sampai ke atas lutut, atau yang menyerupai celana dalam. Baju renang opelon ini sudah banyak dijual di berbagai store atau online shop dengan kisaran harga jual mulai dari Rp100.000,- sampai dengan Rp150.000,-. Namun mengenai kualitasnya anda bisa andalkan, karena model opelon ini biasanya terbuat dari bahan nilon sehingga elastis digunakan bayi pada saat renang, tidak membatasi ruang gerak si bayi dan tentunya nyaman di kulit si bayi, tidak terlalu ketat sehingga tidak menimbulkan iritasi pada bayi.

  1. Baju Renang Two Piece

Setelan baju renang two piece ini juga kerap kali diburu para orang tua yang ingin membelikan baju renang untuk bayi nya masing-masing. Ada banyak sekali model baju renang two piece, salah satunya adalah baju renang dengan model dan motif sisik duyung. Setelah dua baju renang ini terdiri dari atasan yang didesain tanpa lengan, menutupi bagian depan dan belakang tubuh si bayi, dan pada bagian bawah ada celana yang dibuat dengan model serta motif menyerupai sisik. Tidak hanya itu, baju renang yang satu ini dilengkapi juga dengan bandananya yang semakin menunjang penampilan bayi lebih fashionable. Dibuat dari bahan yang tahan terhadap air, ringan serta nyaman digunakan. Jadi si bayi tidak akan rewel menggunakan baju renang yang satu ini, karena ukurannya juga tidak terlalu pres body atau kelonggaran. Khusus untuk bayi perempuan, dijual dengan kisaran harga Rp110.000,-

  1. Baju Renang Happy Nappy

Mungkin anda pernah mendengar merk baju renang bayi happy nappy ? Untuk anda yang belum mengetahui, happy nappy ini merupakan salah satu merk baju renang khusus untuk bayi yang sudah terkenal dan mempunyai nama tersendiri. Nah salah satu produk yang diluncurkan happy nappy ini bernama splash about wetsuit yang berkualitas tinggi. Didesain dengan motif bergambar ikan dan suasana laut, berwarna biru tua serta ada garis orange pada bagian pinggir baju. Baju one piece ini diperuntukkan untuk bayi usia 3 sampai 8 bulan. Memiliki banyak kelebihan, yakni bahannya anti sinar uv, terbuat dari bahan neoprene berkualitas yang nyaman digunakan serta mempunyai ketebalan hingga 1mm, jadi bayi juga bisa merasa lebih hangat jika menggunakan baju renang ini. Anda bisa dapatkan baju renang ini dengan kisaran harga yang cukup lumayan mahal, yaitu Rp440.000,-

  1. Baju Renang Turbo

Dan rekomendasi baju renang untuk bayi khusus nya perempuan ini merupakan rekomendasi yang terakhir. Bisa dikatakan bahwa, baju renang turbo produksi dari masso ini banyak digemari dibanyak kalangan. Mengapa demikian ? Karena pakaian renang yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu didesain dengan tekhnologi yang terus diperbaharui, serta memiliki gaya yang terus update setiap saat. Terbuat dari bahan dasar kombinasi dari polyester dan PBT, sehingga nyaman dan aman digunakan untuk si bayi. Selain itu pakaian renang ini juga bisa melindungi bayi dari kandungan klorin yang bisa membuat kulit bayi iritasi. Dijual dengan kisaran harga yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp700.000,- untuk setiap potongnya. Agaknya anda harus sedikit menguras kantong untuk mendapatkan baju renang turbo ini.

Rawat Baju Renang Bayi Dengan Beberapa Trik Dibawah Ini

Akan sangat disayangkan ketika anda sudah mendapatkan baju renang impian untuk anak anda, dan ternyata tidak bisa bertahan dan awet lama dikarenakan ada yang salah dalam merawat baju renang. Simak beberapa trik merawat baju renang agar tetap awet dan tahan lama.

  1. Tidak merendam pakaian renang anda.
  2. Memisahkan baju renang dengan baju bayi perempuan atau laki-laki lainnya (bukan baju renang). Hal ini untuk menghidari kelunturan baju lain.
  3. Menggunakan detergen yang sifatnya lembut untuk mencuci pakaian renang si kecil. atau sebagai pengganti detergen, anda bisa menggunakan shampoo bayi
  4. Tidak menyikat pakaian renang. Pada saat mencuci, hindari untuk menyikat pakaian renang. Cukup di kucek dengan lembut, atau diremas saja
  5. Akan lebih baik jika anda mencucinya secara manual menggunakan tangan, dari pada menggunakan mesin cuci.
  6. Siapkan handuk, kemudian taruh baju renang yang tadi sudah dicuci di bagian atas, kemudian gulung didalam handung sembari ditekan sedikit demi sedikit. Hal ini berguna untuk mengeringkan baju renang secara manual.
  7. Tidak setrika baju renang.
  8. Hindari menjemur dibawah sinar matahari secara langsung, dan sebaiknya lampirkan saja baju renang di jemuran tanpa menggunakan hunger, dan biarkan baju renang si kecil kering dengan sendirinya di tempat yang teduh.
  9. Hindari untuk menggantung baju renang di lemari, akan membuat mulur dan kendor. Lipat saja dengan rapih, dan taruh bersama dengan tumpukan baju lainnya.
  10. Pada saat dipakai untu berenang, maka sebaiknya basahi terlebih dahulu baju renang tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyerapa klorin pada baju renang yang bisa mengakibatkan kerusakan pada bahan baju renang.

Pada akhirnya, memilih baju renang bayi memang tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih sensitive, apalagi didalam kolam renang terdapat zat kaporit yang bisa merusak kulit bayi yang mempunyai riwayat hipersensitifitas. Pilih baju renang yang berkualitas, agar si bayi tetap aman dan nyaman memakainya.

Artikel Terkait :

Keranjang>>